Cara Menghidari dan Menolak "Job Thankyou"

Promild19.blogspot.com - Job thank you adalah istilah yang digunakan untuk menyebut pekerjaan yang dikerjakan secara gratis. Orang-orang yang berkecimpung di bidang Informasi Teknologi (IT), desain, dan dunia kepenulisan paling sering disuguhi pekerjaan gratis tersebut.

Biasanya tawaran berasal dari orang-orang terdekat seperti keluarga dan sahabat sehingga sulit untuk ditolak. Apalagi jika kamu masih tergolong sebagai fresh graduate yang sedang gencar mengumpulkan portofolio.

Apa Saja Dampak Buruk yang Ditimbulkan Job Thank You?












Menerima job thank you dapat menimbulkan banyak dampak negatif, yaitu,

  • Menguras waktu, pikiran, dan tenaga. Terutama jika pekerjaan tersebut tergolong besar dan butuh waktu lama untuk diselesaikan.
  • Fokus untuk pekerjaan utama yang lebih penting jadi terbengkalai.
  • Kamu kekurangan waktu istirahat karena konsentrasi tersita untuk pekerjaan tak berbayar.
  • Perasaan tak enak menolak job thank you rentan membuat kamu dibebani pekerjaan-pekerjaan gratis di lain kesempatan.
  • Orang-orang terdekat menganggap bahwa kemampuanmu kurang berharga sehingga bisa menyelesaikan pekerjaan secara gratis.

Jadi, Bagaimana Cara Menolak yang Bisa Kamu Lakukan?

Kamu berhak menolak job thank you melalui beberapa cara tepat berikut ini:

Mengatakan Bahwa Kamu Sibuk

Alasan penolakan ini memang paling umum digunakan oleh banyak orang yang menerima job thank you. Katakan saja bahwa kamu sedang sibuk menangani banyak pekerjaan sehingga tidak punya waktu untuk mengerjakan sesuatu secara cuma-cuma.

Menyodorkan Rate Card

Cara lain yang bisa kamu lakukan yaitu menyodorkan rate card. Rate card adalah daftar harga yang kamu tentukan untuk setiap pekerjaan yang diselesaikan. Berikan pengertian kepada orang terdekat bahwa kamu melakukan pekerjaan secara profesional. Sehingga etos kerja tersebut membuat kamu berhak memperoleh bayaran.

Mengatakan bahwa Kamu Tak Sanggup Mengerjakannya

Kamu tak perlu takut diremehkan oleh orang terdekat karena mengaku bahwa kamu tak sanggup menyelesaikan pekerjaan yang diminta. Sebab anggapan negatif tersebut jauh lebih baik daripada kamu harus merelakan waktu, pikiran, dan tenaga secara gratis. Bukankah setiap manusia punya keterbatasan dalam menyelesaikan pekerjaannya?

Jangan sampai job thank you membebani kamu hingga kesulitan menuntaskan pekerjaan utama. Kamu berhak menolak pekerjaan tanpa bayaran yang disodorkan kepadamu kalau kamu memang tak sempat mengerjakannya.

#source joblike #magazine #streetjob





0 Response to "Cara Menghidari dan Menolak "Job Thankyou""

Post a Comment