ASAP KANDANG AYAM RESAHKAN WARGA DASAN AMBON DESA GAPURA






















Promild19.blogspot.com - Edisi
 10 Juni 2023
Lingkungan yang bersih nan asri akan menunjang terwujudnya hidup sehat. Makna dari lingkungan bersih hidup sehat ialah Lingkungan yang kita tempati memberikan kesan baik terhadap indra dan memberikan makna kesehatan tempat kita tinggal. 

Indikator terciptanya lingkungan bersih ialah: 
1. Udara yang bersih, segar, dan terasa sejuk, tidak berbau. 
2. Terdapat saluran air yang bersih dan lancar. 
3. Terdapat berbagai tumbuhan hijau yang terpelihara dan tertata rapi.

Namun kali ini promild19 akan berbicara tentang fakta pencemaran asap kandang ayam yang sangat berbau menusuk saraf indra penciuman. yang sedang terjadi di Dusun Dasan Ambon, Desa Gapura Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah.

Bak seperti kata pepatah:
"Tidak ada asap kalau tidak ada api."
yang artinya: “ tidak akan ada akibat jika tanpa sebab” keluh kesah warga Dasan Ambon timbul bukan tanpa sebab, buah bibir masyarakat Dasan Ambon terus menjalar dari mulut ke mulut bahkan ada yang sampai posting ke medsos mengeluh tentang kepal pekatnya bau asap yang menggangu sendi-sendi kehidupan warga Dasan Ambon. 

Berdasarkan hasil penelusuran promild19 sampai hari ini belum ada atensi khusus atau teguran khusus kepada pemilik kandang/jagal ayam yang asal-asalan membakar bulu dan kotoran ayam mereka hingga menimbulkan keresahan bau yang tidak sedap di bawa semilir angin yang mengarah ke ranah penduduk warga Dasan Ambon. 

Promild19 mengharapkan tokoh masyarakat, Kepala Dusun, Kepala RT/RW Dasan Ambon atau perangkat desa Gapura dan lainnya sama-sama bergerak aktif, cepat tanggap dan berani menegur pihak terkait yakni pemilik kandang ayam untuk menyarankan agar membakar bulu atau kotoran ayam-nya di tempat jauh dari kerumunan warga Dasan Ambon. Dan untuk warga Dasan Ambon dan pihak terkait untuk terus aktif menanggapi berita yang beredar saling bersinergi untuk menciptakan suasana lingkungan yang bersih aman dan nyaman, karena bau asap sangat menggangu kesehatan dan bisa menimbulkan berbagai penyakit. Jangan karena semata mata yang dicari hanya keuntungan, tapi tidak memperhatikan dampak pencemaran lingkungan yang ditimbulkan.


0 Response to "ASAP KANDANG AYAM RESAHKAN WARGA DASAN AMBON DESA GAPURA"

Post a Comment